Daftar UMR Yogyakarta Tahun 2017

Daftar UMR Yogyakarta Tahun 2017 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang cukup terkenal.

Wilayah ini memang dianggap istimewa karena di dalamnya masih menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya Jawa. Kota ini juga dikenal karena memiliki banyak potensi alam yang sangat indah dan menawan. Selain itu Yogyakarta juga sering disebut dengan kota pelajar.

Berbicara masalah UMR (Upah Minimum Regional), Yogyakarta masih berada di angka yang cukup rendah. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta dan Gubernur Provinsi DIY telah menetapkan angka yang masih dianggap rendah oleh banyak pihak, terutama harga BBM dan laju inflasi yang juga naik. Berikut ini merupakan daftar UMR Yogyakarta tahun 2017.



Peraturan ini telah ditetapkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bernomor 252/Kep/2014 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2015 di DIY. UMK terbesar ditempati oleh Kota Yogyakarta dengan nominal sebesar Rp 1.302.500. Sedangkan UMK terendah ditempati oelh Kabupaten Gunung Kidul dengan angka sebesar Rp 1.108.249.

Memang keputusan ini sempat diprotes oleh banyak pekerja karena dianggap tidak sesuai dengan keadaan Kota Yogyakarta yang sudah mulai menuju kota metropolitan dengan banyaknya hotel dan mall yang bermunculan. Namun pemerintah Kota Yogyakarta menganggap keputusan ini sudah sesuai dengan biaya Kehidupan Hidup Layak (KHL) yang ada di kota gudeg ini. Walaupun Kota Yogyakarta sudah mulai dijamuri dengan banyak tempat elite, namun biaya hidup di kota yang satu ini masih tergolong murah jika dibandingkan dengan kota besar lainnya.