Daftar UMK UMP dan UMR Tahun 2017 Lengkap se Indonesia, UMR Jakarta 2017, UMR Semarang, Jogja, Surabaya, Bandung, dan Lain Lain

Minggu, 09 Oktober 2016

Ini Daftar Upah Minimum Kota Lampung 2017

Ini Daftar Upah Minimum Kota Lampung 2017 Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) merupakan gaji minimum atau upah standar minimum yang dipakai oleh sebuah perusahaan untuk memberikan gaji kepada pegawainya. Setiap daerah memiliki besaran UMK yang berbeda-beda sesuai dengan angka Kebutuhan Hidupan Layak (KHL) tiap daerah. Daftar Upah Minimum Kota Lampung 2017 sebesar Rp 1.649.700 pada tahun 2017. Keputusan ini telah ditetapkan oleh Dewan Pengupahan Provinsi pada bulan Desember 2016 lau.

Namun sebenarnya angka ini masih menuai protes dari beberapa pihak karena dianggap belum memenuhi kebutuhan hidup layak para buruh di Lampung. Tapi mau tidak mau serikat buruh maupun perusahaan harus tetap menerima. Pemerintah berharap semua perusahaan melaksanakan peraturan ini dan tidak ada yang melanggar. Jika ada yang melanggar akan diberikan sanksi dan denda. Tentu saja pemerintah harus mengawasi hal ini.


Angka ini juga sudah disesuaikan dengan hasil survei, kemampuan membayar bagi perusahaan marginal, kenaikan inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan lain-lain. Kenaikan UMK Lampung tahun 2017 ini sudah 17,8 persen dari besaran UMK tahun sebelumnya. Walaupun besaran UMK Kota Lampung sebenarnya masih kalah dengan UMK beberapa kota lainnya yang ada di Sumatera Selatan seperti Palembang yang memiliki UMK sebesar Rp 2.073.000. Wajar saja karena Kota Palembang memang merupakan ibu kota dari Kota Lampung.

"Rabu lalu kita sudah terima SKnya. UMK oleh DPP ditetapkan sebesar Rp 1.649.700. Kami sebagai DPK berkewajiban menerima keputusan ini dengan lapang dada meskipun angkanya belum memenuhi kebutuhan hidup layak parah buruh," ujar Kepala DPK Loekman Djoyosoemarto pada Jumat (2/1/2017).
"Kami berharap para pengusaha di Bandar Lampung ini menjalankan peraturan untuk membayar upah buruh sesuai UMK Rp 1.649.700. Jangan lagi ada yang membayar upah dibawah itu. Karena Kebutuhan hidup dari tahun ke tahunnya juga  meningkat dan kesejahteraan para buruh juga sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan peningkatannya. Kami berkeinginan untuk memperhatikan masyarakat tingkat bawah dan para pekerja buruh bisa sejahtera,” ungkapnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Daftar Upah Minimum Kota Lampung 2017