UMK Kota Ngawi Tahun 2017



UMK Kota Ngawi Tahun 2017

Bisa dibilang Provinsi Jawa Timur menempati posisi dengan UMK tertinggi, karena Kota Surabaya yang memiliki UMK cukup besar, yaitu sebesar Rp 2.710.000. Kota Surabaya mampu mengalahkan beberapa kota besar lainnya seperti Jakarta. Namun sebenarnya tidak semua kota atau kabupaten di Jawa Timur memiliki besaran UMK yang sama besar dengan Kota Surabaya. Kota Surabaya merupakan kota besar nomor dua di Indonesia sekaligus kota industri, sehingga wajar saja jika besaran UMK-nya menjadi besar. Besaran UMK yang dibuat ditentukan dengan besarnya Kebutuhan Hidup Layak (KHL) pada setiap daerah. 

Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki besaran UMK cukup rendah. UMK Kota Ngawi Tahun 2017 hanya berada di angka Rp 1.170.00. Angka ini sama dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Tuban, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek. Tentunya angka ini masih jauh dari harapan para pekerja di Kabupaten Ngawi yang berharap kenaikan UMK akan lebih besar.


Ketetapan ini memang telah disahkan oleh Gubernur Jawa Timur mengenai Upah Minimum Kabupaten/Kota Jawa Timur tahun 2017 pada bulan November 2014 lalu. Walaupun rendah, sebenarnya tetap ada kenaikan pada UMK Kota Ngawi Tahun 2017 ini. Secara keseluruhan UMK tahun 2017 untuk Provinsi Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 20 % jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Karena Kabupaten Ngawi tidak berada di kota atau kabupaten yang notabene merupakan kawasan industri, jadi kenaikan UMK tersebut memang tidak terlalu besar. Kabupaten Ngawi memang masih bisa dibilang sepi dari perindustrian maupun pembangunan. Sebagian besar wilayah Ngawi merupakan hutan kayu yang memiliki lahan subur untuk pertanian. Wajar saja pekerja maupun perusahaan di sana memang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan kota industri seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Pasuruan. Namun keputusan ini tetap diterima baik oleh para pekerja di wilayah Kabupaten Ngawi maupun beberapa kabupaten lain yang masih mendapat angka UMK rendah. Hal ini terbukti dari tidak adanya protes melalui unjuk rasa dan lain sebagainya.