Daftar UMK UMP dan UMR Tahun 2017 Lengkap se Indonesia, UMR Jakarta 2017, UMR Semarang, Jogja, Surabaya, Bandung, dan Lain Lain


UMK Kota Tuban Tahun 2017





UMK Kota Tuban Tahun 2017

UMK untuk wilayah Jawa Timur memang mengalami kenaikan pada bulan November 2014 lalu. Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi dengan UMK paling tinggi di Indonesia karena sumbangsih Kota Surabaya yang memiliki UMK sebesar Rp 2.710.000. Wajar saja hal ini terjadi karena Kota Surabaya merupakan kota yang memiliki banyak industri, sebut saja lokasi SIER yang ada di sana. Namun sayangnya UMK Kota Tuban 2017 justru malah jauh lebih kecil. 

Berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Timur, Sukarwo, yang telah disahkan pada 20 November 2014 lalu melalui Pergub Jatim Nomor 72 Tahun 2014 mengenai Upah Minimum Kabupaten/Kota, UMK Kota Tuban Tahun 2017 naik menjadi Rp 1.777.700. Angka ini memang masih bisa dibilang “lumayan” jika dibandingkan dengan UMK di beberapa Kabupaten lain yang ada di wilayah Jawa Timur seperti Kabupaten Magetan, Ngawi, Tulungagung, Kediri, Nganjuk, Probolinggo, Jember, Mojokerto, Banyuwangi, Lamongan, Bojonegoro, Lumajang, Bondowoso, Bangkalan, Sumenep, Madiun, Sampang, Situbondo, Pamekasan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, dan Blitar. Untuk UMK terendah diduduki oleh Kabupaten Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek yang sama-sama berada di posisi Rp 1.170.000.

UMK Kota Tuban Tahun 2017 memang masih tergolong rendah karena dipengaruhi oleh Kehidupan Hidup Layak (KHL) yang dianggap masih terjangkau. Tentu saja harganya berbeda jika dibandingkan dengan angka Kehidupan Hidup Layak (KHL) yang ada di beberapa kota besar dan industri seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Pasuruan. Sebelumnya UMK Kota Tuban Tahun 2014 sebesar Rp 1.144.400. Kemudian naik sekitar 20 % ke angka saat ini.

Memang sebelum ditetapkan secara resmi, ketetapan UMK beberapa daerah di Jawa Timur sempat menuai banyak protes. Namun akhirnya direvisi oleh Gubernur Jawa Timur karena pertimbangan adanya BBM naik sebesar Rp 2000 pada awal bulan November 2014 lalu. Tentu saja kenaikan BBM memberikan imbas kepada angka inflasi. Sejauh ini setelah besaran UMK Jatim ditetapkan, tidak ada perusahaan maupun perusahaan yang merasa keberatan kemudian melakukan protes atau unjuk rasa.




 
Atas